Tuesday, January 15, 2013

Peluang Usaha Reseller dan dropship

Peluang Usaha Sistem Reseller Dan Dropship

Suatu hari ada permintaan pertemanan di BBM saya, yang ternyata berasal dari karyawan ekspedisi yang sering saya gunakan untuk mengirim barang. Mbak nya ini bilang bahwa dia beli Blackberry karena pengen ikutan berjualan online seperti saya.
“Saya masih belajar nih mbak, tolong bantuin yaaa….” Saya pun mengiyakan… Dan sejak itu saya melihat profile picture nya pun berganti-ganti.. Dari kaos bergambar Hello Kitty, Sepatu Jelly, Baju Korean Style, sampai Gamis..
Waktu saya tanya : “Bagaimana? Udah banyak pembelinya?” Mbak nya menjawab, “Baru ada yang order kemarin, 2 baju.. eh ternyata model yang dipesan stoknya nggak ada…”
“Lho, pake sistem reseller ya Mbak?”
“Iya mbaak… kalau langsung jualan saya kan ga punya modal..”

Sistem Reseller
Tidak hanya oleh penjual, sistem reseller pun banyak diminati oleh produsen maupun pemilik barang. Selain memperoleh tambahan jaringan pemasaran, yang artinya peningkatan omzet, menjalankan sistem reseller berarti tidak perlu terlalu pusing memikirkan semua penjualan sendiri.
Keuntungan menjalankan sistem ini pun diakui seorang teman saya yang memproduksi baju anak-anak. Dia yang selama ini menjual sendiri dengan cara menitipkan ke toko-toko, saat ini tidak perlu lagi susah payah menawarkan dagangannya karena saat ini ia hanya melayani resellernya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.
Membangun sistem reseller juga di jalankan secara online oleh situs KadoMikado.com. Seorang reseller hanya cukup “meletakkan” deposit dalam jumlah tertentu, dan setelah itu ia pun bebas berbelanja di dengan diskon khusus reseller.
Sistem reseller memang beragam, kalau di Kadomikado.com menetapkan sistem deposit yaitu Reseller Silver (Rp. 500.000 deposit) dan Reseller Gold (deposit 2 juta), di reseller lain juga biasanya menetapkan syarat pembelian minimal.
Contohnya klik here pasangan muda Alix dan Vivian Wijaya, memiliki putri cantik menginspirasi mereka untuk memproduksi Baby Wrap dan menjalankan sistem reseller. Untuk pembelian diatas 5 pcs, akan diberikan harga reseller. Mereka juga memberikan harga khusus untuk pembelian reseller yang ke 7 kalinya. Hal ini membuat reseller akan terus bersemangat memasarkan produk mereka.
Sistem reseller juga diterapkan oleh Vis Batik, yang disebut sebagai Agen. Dengan berbagai paket keagenan yang dipilih yaitu Paket Premium, Paket Berkah, Paket Cinta, dan Paket Kasih, Anda dapat menjadi Agen dengan mulai dari Rp. 500.000 saja
Sistem Keagenan VisBatik
Keuntungan menjadi reseller :
  • Tidak perlu memproduksi barang sendiri, yang artinya memikirkan model, warna, bahan, dan resiko menyinpan stok barang
  • Modal relatif kecil, beberapa program reseller hanya mensyaratkan pembelian minimum dan sistem deposit yang nominalnya tidaklah terlalu besar
  • Bisa memfokuskan diri hanya pada cara pemasaran yang efektif

Sistem Dropship

Sistem Reseller berkaitan erat dengan sistem dropship, terutama untuk sistem reseller yang dilakukan secara online.
Sistem dropship adalah layanan yang diberikan pemilik barang/produsen kepada reseller dengan cara mengirimkan barang langsung ke alamat pelanggan mereka
Keuntungannya : Anda tidak perlu repot memikirkan stok barang, sistem packing, pengiriman ke ekspedisi dan lain-lain.. Anda tinggal menginformasikan jenis barang yang dibeli dan alamat pembeli, maka barang pesanan akan dikirimkan langsung ke pelanggan Anda, atas nama Anda sebagai pengirim. Pelanggan tidak perlu tahu bahwa barang yang mereka pesan, dikirimkan melalui sistem dropship. Asyik bukan? :)
Sedikit saran bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan sistem ini
  • Survei dulu secara teliti program-program reseller yang ditawarkan, supaya deposit yang Anda investasikan tidak sia-sia. Misalnya : jenis barang, kualitas barang, varian barang yang ditawarkan, dan juga pengalaman reseller lain
  • Ada baiknya melihat sendiri kualitas barang yang ditawarkan, jangan tergiur dengan barang dengan harga murah. Saya menyarankan Anda membeli beberapa barang terlebih dahulu untuk melihat kualitasnya
  • Apabila anda memilih sistem reseller dengan dropship, ada baiknya meminta no resi pengiriman setiap kali barang dikirimkan agar Anda dapat memonitor perjalanan barang Anda ke pelanggan

1 comment:

  1. makasi mimin infonya!!!
    info lain semoga bermanfaat :)
    ==> agen tiket pesawat

    ReplyDelete